Cara Backup dan Restore Aplikasi Whatsapp Dengan Mudah

cara backup whatsapp

Apakah anda pengguna aplikasi WhatsApp, namun kebingungan bagaimana cara backup dan restore WhatsApp? Kini anda tidak perlu khawatir lagi dikarenakan pada pembahasan kali ini akan dipaparkan caranya untuk anda. Yuk langsung simak ulasannya di bawah ini.

Sebelumnya, ada baiknya anda bisa mengetahui seperti apa sejarah dari aplikasi WhatsApp. WhatsApp sendiri dibangun pada 24 Februari 2009 yang lalu, yang didirikan oleh Jan Koum dan Brian Acton yang pernah bekerja di Yahoo. Hanya dengan bermodalkan tabungan sebesar $400.000, Jan Koum lalu mengunjungi temannya, yang bernama Alex Fishman untuk berdiskusi tentang aplikasi ini. Fishman lalu membantu Koum dengan mencarikan pengembang aplikasi iPhone, yaitu Igor Solomennikov.

Walaupun WhatsApp sudah berdiri, namun aplikasi ini masih jauh dari kata beres. Sehingga membuat Koum merasa putus asa dan ingin menutup perusahaannya. Tetapi Brian Acton mendorongnya agar tetap bertahan dalam beberapa bulan lagi. Yang akhirnya setelah melewati berbagai hal, WhatsApp secara resmi memulai kiprahnya pada tahun 2009 di App Store.

Fungsi WhatsApp

Tahukah anda bahwa aplikasi yang satu ini memiliki banyak sekali fitur yang dapat memanjakan anda sebagai penggunanya. Dengan berbagai fitur yang ditawarkan, membuat banyak sekali fungsinya yang dapat digunakan selain untuk mengirim pesan. Beberapa fungsi yang ditawarkan oleh aplikasi WhatsApp adalah sebagai berikut.
Personal atau group chat

Nah, dengan adanya aplikasi ini anda bisa mengirimkan pesan kepada pengguna lain dari mulai audio, teks, video, foto, hingga file dokumen. Tidak hanya personal chat saja, namun anda juga dapat membuat grup chat yang di dalamnya berisi pengguna WhatsApp yang lain.

Media pendidikan

Tidak jarang saat ini orang menggunakan aplikasi ini sebagai media untuk belajar, baik seminar, workshop, hingga kursus secara daring. Hanya dengan membuat grup chat, lalu undanglah para partisipan untuk masuk ke dalam grup, kelas pun akan bisa dimulai segera.

Berbagi berita dan informasi

Tentunya anda bisa berbagi berita dan informasi kepada pengguna WhatsApp yang lain dengan cara mengirimkannya ke personal chat hingga group chat.

Sebagai media bisnis

Seringkali WhatsApp digunakan untuk kegiatan berbisnis, dari mulai promosi, hingga melakukan pemesanan. Tentunya pebisnis yang menggunakan aplikasi WhatsApp bisa mempromosikan bisnis yang dimilikinya secara personal dengan para pengguna yang lain. Ketika seseorang tertarik terhadap bisnis tersebut, biasanya mereka akan diarahkan agar dapat mengontak pemilik WhatsApp pemilik bisnis supaya mengetahui informasi lebih lanjut mengenai bisnis tersebut.

Berbagai Kelebihan Yang Ditawarkan Oleh WhatsApp

Selain fungsinya, anda juga perlu mengetahui apa-apa saja kelebihan dari aplikasi WhatsApp. Beberapa kelebihan yang ditawarkannya adalah sebagai berikut.

  • Cara penggunaannya yang mudah

Bagi pengguna baru sekalipun, WhatsApp sangat mudah digunakan. Anda hanya perlu mendaftarkan nomor telepon supaya bisa menggunakan WhatsApp.

  • Menggunakan koneksi internet

Agar dapat menggunakan WhatsApp, anda hanya perlu koneksi internet. Cara ini tentu saja lebih hemat jika dibandingkan menggunakan SMS yang pastinya membutuhkan pulsa

  • Nomor telepon akan tersinkron secara otomatis

Nah, anda juga tidak harus memasukkan kontak teman satu per satu di WhatsApp. Hal ini dikarenakan nomor telepon di smartphone secara otomatis akan tersinkron, yang secara langsung akan masuk ke dalam WhatsApp. Yang perlu dilakukan adalah anda hanya cukup mencari nama teman di WhatsApp tanpa harus menambahkannya kembali.

cara restore whatsapp

Cara Backup Dan Restore WhatsApp

Setelah dipaparkan beberapa kelebihan yang dimiliki oleh WhatsApp, maka saatnya anda mengetahui bagaimana backup dan restore WhatsApp. Nah, tahukah anda bahwa ada beberapa alasan orang-orang ingin sekali melakukan backup dan restore melalui aplikasi WhatsApp. Diantaranya adalah ingin melakukan hard reset di handphone, berpindah perangkat dari handphone yang lama ke handphone baru, berjaga-jaga ketika suatu saat terjadi masalah pada aplikasi WhatsApp, hingga ingin menyimpan data chat, dan dokumen penting lainnya. Namun pastinya cara melakukan backup dan restore ini sangat mudah, lho! Penasaran bagaimana caranya? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Cara Backup WhatsApp Menggunakan Google Drive

Kelebihan melakukan pencadangan di Google Drive adalah risiko terhapusnya yang lebih kecil. Karena file cadangannya disimpan di server Google. Yang pasti tidak terhapus ketika anda tidak melakukannya secara sengaja. Berikut cara backup WhatsApp menggunakan Google Drive.

  • Buka aplikasi WhatsApp, lalu pilih menu settings, kemudian chats & calls, dan pilih chat backup
  • Jika sudah, hubungkan WhatsApp ini dengan Google Drive. Caranya adalah tap di bagian ‘Back up to Google Drive’
  • Lalu tentukan interval backupnya (ingin harian, mingguan, atau bulanan). Jika sudah dipilih, maka akan muncul pop up agar dapat memilih akun Google. Selanjutnya pilihlah akun Google yang akan anda gunakan
  • Ketika di bagian Account muncul username Google, maka proses dalam menghubungkan Google Drive ke aplikasi WhatsApp telah berhasil dilakukan

Nah, bagaimana cara untuk melihat backup WhatsApp yang terdapat di Google Drive? Caranya juga cukup mudah kok! Anda hanya perlu membuka aplikasi Google Drive di smartphone. Lalu klik ‘Menu’ yang berupa ikon 3 garis pada sisi pojok kiri atas. Jika sudah, maka muncullah menu utama dari Google Drive, lalu klik ‘Cadangan’. Bagaimana, mudah kan!

Cara Restore WhatsApp Menggunakan Google Drive

Memulihkan data atau restore WhatsApp merupakan cara selanjutnya setelah anda melakukan backup. Dalam posisi ini anda belum menginstall aplikasi WhatsApp. Namun jika masih ada, maka terlebih dahulu melakukan uninstall.

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah install WhatsApp, baik melalui App Store atau Play Store
  • Kemudian buka WhatsApp, klik ‘Setuju dan Lanjutkan’. Anda bisa mengisi nomor WhatsApp anda yang sebelumnya sudah pernah dilakukan pencadangan. Namun ingat tidak menuliskan angka 0 ya! Selanjutnya klik ‘Lanjut’
  • Jika sudah di klik lanjut, muncullah pop up yang dilakukan untuk konfirmasi kebenaran nomor. Nah, jika nomor tersebut benar, maka klik ‘Oke’. Anda bisa menunggu selama beberapa detik, dan SMS verifikasi selanjutnya akan dikirim oleh WhatsApp
  • Jika sudah berhasil verifikasi, kemudian memunculkan pop up baru. Lalu pilih ‘Lanjut’. Ketika ada jendela baru dengan pilihan ‘Izinkan’, maka anda bisa klik tombol tersebut supaya WhatsApp bisa mengakses media dan kontak.
    Jika terdapat detail backup yang sebelumnya sudah di upload pada Google Drive, maka anda bisa klik ‘Pulihkan’ yang berwarna hijau
  • Anda bisa menunggu proses restore, kemudian klik ‘Lanjut’

Nah, proses restore WhatsApp sudah selesai dilakukan. Anda hanya perlu memasukkan nama WhatsApp yang ingin digunakan.

Baca juga:

Semoga berbagai pembahasan yang telah dipaparkan di atas bisa bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda lebih jauh lagi mengenai cara backup dan restore WhatsApp.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like