Cara Menghapus Akun WhatsApp

hapus akun WA

Bagaimana cara menghapus akun WhatsApp? Untuk para pengguna WhatsApp, segala hal yang berhubungan dengan akun WA tentunya bersifat privasi. Kamu tentu tak ingin jika akun WhatsApp milikmu diakses sembarang orang.

Permasalahannya ialah bagaimana jika ponselmu hilang atau dicuri? hal tersebut tentu saja menjadi salah satu kemungkinan terburuk. Namun terlepas dari memikirkan cara untuk menemukan ponsel yang hilang, sebaiknya Kamu perlu waspada supaya akun WhatsApp di ponselmu tidak disalahgunakan orang-orang tertentu yang berniat jahat.

Adapun cara satu-satunya yang dapat Kamu lakukan ialah dengan memastikan akun tersebut tak dapat diakses si pencuri. Kamu bisa mencoba memindahkan akun WhatsApp-mu ke ponsel lain, atau bisa juga dengan menghapus atau menonaktifkan akuN WA di ponsel yang hilang. Ini tentu saja tak semudah yang Kamu pikirkan. Sebab akun WhatsApp sebelumnya memang sudah terhubung dengan nomor ponsel, sementara nomor ponsel tersebut pun ikut raib bersamaan dengan ponselmu yang hilang.

Memindahkan Akun WA di Ponsel yang Hilang

Prinsip kerja cara ini ialah dengan memaksa supaya akun WA pindah ke Hp lain yang dapat diakses. Sebab 1 akun WA tidak dapat dibuka dalam 2 aplikasi WhatsApp sekaligus, maka secara otomatis akun WA di ponsel yang hilang langsung ter-logout.

Hanya saja, kelemahan cara ini yaitu data-data berupa video dan foto whatsapp yang telah tersimpan dalam galeri tak akan hilang. Kelemahan lainnya ialah Kamu harus memiliki akses langsung ke nomor WA yang hilang.

Dapatkan Nomor Ponsel yang Hilang

Cara ini bisa Kamu lakukan dengan pergi ke gerai operator seluler yang Kamu gunakan sekarang. Sesudah itu, Kamu minta dibuatkan kembali kartu perdana yang baru dengan memakai nomor yang sudah hilang sebelumnya, cukup kasih tahu Customer service-nya jika nomor tersebut hilang. Namun, pastikan sebelumnya Kamu membawa KTP sebab setiap nomor ponsel sekarang ini telah terhubung dengan nomor KTP. Sebenarnya proses mendapatkan nomor ponsel yang hilang ini tidak memerlukan waktu lama dan akan selesai pada hari itu juga.

Memindahkan Akun WhatsApp Ke Hp Lain

Ada beberapa langkah yang bisa Kamu lakukan untuk cara ini, diantaranya :

  • Pinjam ponsel salah satu anggota keluarga atau teman. Dengan pasang kartu seller yang sudah Kamu dapatkan dari pihak Service center sebelumnya. Kemudian install aplikasi Dual WhatsApp atau WhatsApp Business. Hal terpenting di sini Kamu dapat memasang akun WA baru pada perangkat tersebut. Kemudian masuk ke dalam aplikasi WhatsApp, lalu pilih opsi agree and continue
  • Masukkan nomor ponselmu yang sudah terdaftar dalam layanan WhatsApp. Nah, dari sini Kamu harus sudah memiliki akses langsung ke nomor ponsel yang hilang sebelumnya, sebab Kamu memerlukan kode verifikasi
  • Kamu akan menerima pemberitahuan jika nomormu sudah terdaftar. Selanjutnya akan terdapat pertanyaan, apakah Kamu akan memindahkan akun WA tersebut. Langsung saja pilih continue
  • Selanjutnya masukkan kode untuk verifikasi yang berhasil dikirimkan ke nomor ponselmu via SMS
  • Jika Kamu mengaktifkan verifikasi 2 langkah, selanjutnya Kamu harus menginputkan nomor PIN-mu
  • Setelah itu, restore apabila diperlukan. Jika prosesnya ingin lebih cepat, langsung saja di skip
  • Selanjutnya masukkan nama pengguna atau username dan tunggu sampai selesai proses initializing.

Kamu pun sudah bisa lagi masuk ke dalam akun WA dengan nomor lamamu di ponsel yang baru. Secara otomatis akun WhatsApp yang ada di perangkat sebelumnya tak akan bisa lagi digunakan

menghapus akun whatsapp

Cara Menghapus Akun WhatsApp di Android

Jika Kamu ingin menggunakan cara kedua, yaitu menghapus akun WhatsApp lamamu, Kamu bisa mengirimkan email sesuai format yang sudah ditentukan pihak WhatsApp. Kamu dapat mengirimkan email untuk menghapus akun WA milikmu dengan cara di bawah ini :

  • Tuliskan dan kirimkan pesan email ke alamat ini : ⦁ support@whatsapp.com
  • Setelah itu, isi subjek yang bertuliskan “telepon sudah hilang/dicuri:nonaktifkan account saya.”
  • Lalu isi email dengan nomor Hp yang akan Kamu hapus. Tapi pastikan mmasukkan nomor ponsel memakai kode Negara, seperti +62 untuk Indonesia
  • Kamu hanya perlu menunggu beberapa hari saja untuk menerima tanggapan dari pihak Whatsapp

Jika sudah selesai, tunggu selama 1-2 hari. Maka Kamu pun akan mendapatkan email balasan langsung dari pihak WhatsApp yang didalamnya berisi pemberitahuan jika akun WhatsApp yang Kamu gunakan telah dinonaktifkan.

Pastikan selain mengikuti cara menghapus akun WhatsApp di atas, disarankan untuk langsung memblokir nomor SIM Card yang Kamu gunakan sebab dalam jangka waktu 30 hari, biasanya akun tersebut tetap dapat didaftarkan kembali. Namun jika Kamu tidak menonaktifkan SIM card, maka dikhawatirkan si pencuri yang mengambil ponselmu beserta nomor lamamu, bisa mendaftarkan akun WhatsApp ulang menggunakan nomor lama ponselmu.

Cara pertama sebenarnya jauh lebih efektif dan aman, sebab akunmu bisa Kamu dapatkan lagi. Selain itu, nomor ponsel sebelumnya juga  bisa Kamu dapatkan kembali. Namun caranya memang sedikit lebih ribet sebab Kamu harus mendatangi gerai provider kartu seluler atau service center provider kartu yang Kamu gunakan.

Bagaimana Menghapus Akun WA di Ponsel Android Karena Alasan Tertentu
Jika Kamu ingin menonaktifkan atau menghapus akun WhatsApp-mu karena alasan lain, ada beberapa langkah cara menghapus akun WhatsApp di Hp berikut ini :

  • Tap ikon titik 3 di pojok atas kanan kemudian pilih setelan
  • Lalu pilih akun
  • Selanjutnya hapus akun saya

Di halaman ini, akan ada keterangan ringkas tentang apa yang terjadi apabila proses penghapusan akun WA dilakukan, seperti hapus riwayat pesan, menghapus akun dari WhatsApp, menghapus cadangan GDrive, dan menghapus akun Anda dari seluruh grup WhatsApp.

Kamu bisa pertimbangkan matang-matang sebab proses ini bisa mengeluarkanmu langsung dari seluruh grup WhatsApp yang Kamu ikuti sekaligus menghapus backup WA yang terdapat di Google Drive, dengan demikian jika Kamu mendaftar ulang memakai nomor ponsel yang sama tak aka nada pilihan pemulihan atau restore dari aplikasi Google Drive. Adapun untuk melanjutkan, inputkan nomor ponsel WA yang ingin dihapus kemudian tap tombol bertuliskan “Hapus Akun”. Setelah itu, pilih alasanmu untuk menghapus akun, selanjutnya tap kembali tombol bertuliskan “Hapus Akun Saya”.

Pilihan terakhir, Kamu akan mendapatkan peringatan dari pihak WhatsApp yang telah memberitahukan bahwa penghapusan akun WhatsApp bersifat permanen serta tidak dapat dikembalikan lagi, jika setuju langsung lanjutkan.
Apabila proses cara menghapus akun WhatsApp di atas sudah berhasil, selanjutnya Kamu akan ditampilkan halaman awal WhatsApp, dimana untuk menjalankan aplikasi WhatsAppmu, harus daftar atau login terlebih dahulu.

Apa yang Terjadi Jika Akun WhatsApp Dihapus?

Ada beberapa hal yang akan terjadi jika Kamu menghapus akun WA secara permanen, diantaranya semua data chat atau percakapan di ponselmu akan terhapus secara otomatis dan tidak dapat dikembalian, chat yang sudah pernah dikirimkan di grup tetap ada dan tidak terhapus, nomormu akan terhapus atau hilang dari kontak WA teman, dan nomormu akan dikeluarkan dari semua anggota dan semua grup WA akan tahu jika Kamu keluar.

Apakah Nomor WA Lama yang Telah Dihapus Dapat Digunakan Kembali?

Sebenarnya bisa, asalkan selama nomor ponsel tersebut masih dapat menerima pesan verifikasi dari pihak WhatsApp, jadi Kamu bisa menggunakannya lagi untuk melakukan registrasi akun WhatsApp.

Baca juga:

Bagaimana, sangat mudah kan cara menghapus akun WhatsApp di ponsel? Jika alasanmu menghapus akun karena ponsel dicuri mungkin bisa dimaklumi, tapi jika karena alasan lain sebaiknya pertimbangkan matang-matang dan pertimbangkan pula resikonya. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like